oleh

Bali Nice Buka World Water Forum Ke-10 Dengan Upacara Tumpek Uye dan Segara Kerthi di KEK Kura Kura Bali

CHANNELBALI Denpasar | Saat Jumpa Pers dengan Channelbali.com di Bandar Nelayan Seafood By Pass Ngurah Rai, Selasa 23 April 2024, Sr Manager Communications PT Bali Turtle Island Development Zefri Alfarugy menjelaskan, secara seremonial, ada dua upacara di Bali, yang akan melepas 1.000 ekor tukik dan 1.000 ekor burung ke alam liar.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali di Pulau Serangan, akan jadi venue untuk upacara Tumpek Uye dan Segara Kerthi. Event pembuka itu sekaligus sebagai penyambutan para delegasi yang akan menghadiri forum air sedunia di Nusa Dua Bali.

“Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali di Pulau Serangan, akan jadi venue untuk upacara Tumpek Uye dan Segara Kerthi. Event pembuka itu sekaligus sebagai penyambutan para delegasi yang akan menghadiri forum air sedunia di Nusa Dua Bali. Tumpek Uye merupakan tradisi upacara untuk menghormati hewan dan menunjukkan rasa terima kasih atas peran mereka dalam kehidupan manusia,” jelas Zefri Alfarugy.

Lanjutnya, pelepasan tukik berlokasi di pantai Bali Turtle Island Development (BTID) KEK Kura-Kura Bali, Denpasar. Acara tersebut akan berlangsung pada 18 Mei 2024 mulai pukul 16.30 WITA hingga 19.00 WITA.

“Secara khusus, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan Pesta Rakyat yang diisi oleh 20 UMKM dari wilayah Pulau Serangan dan Denpasar. Upacara Segara Kerthi dan Tumpek Uye menjadi bagian dari event ‘Bali Nice’ yang diadakan dalam rangkaian World Water Forum Ke-10,” pungkas Zefri Alfarugy. (DR)