oleh

Pameran Tunggal Lukisan Karya Made ‘Dolar’ Astawa di Santrian Art Gallery Sanur Denpasar

CHANNELBALI Sanur | Pameran tunggal Karya Made ‘Dolar’ Astawa bertajuk ‘Layers Dimentions’ mencerminkan kiprah dan dedikasi Dolar Astawa sebagai seniman.

Sebanyak 17 lukisan karya Made ‘Dolar’ Astawa dipamerkan mulai 20 September hingga akhir Oktober 2024, bertempat di Santrian Art Gallery Sanur, Denpasar.

Jika biasanya Made Dolar disibukkan dengan urusan mempersiapkan dan mengurus pameran yang dikerjakan seniman lain di Santrian Gallery, kini saatnya Made Dolar mempresentasikan karya pribadinya dihadapan publik.

“Saya berkarya lebih banyak pada pengungkapan objek sebagai ruang berbagi dan mengabdi, ruang untuk saling terkoneksi, membagi waktu, tenaga dan pemikiran untuk sebuah perkembangan sosial terkait seni itu. Karya-karya yang saya kerjakan di sela aktivitas sebagai pelaku tata kelola pameran seni lukis,” ujar Made Dolar kepada Channelbali.com, Jumat (20/9/2024)

Melalui karya abstraknya, Made Dolar mengusung berbagai pernyataan dirinya sebagai subyek aktif dalam ruang-ruang kulturalnya.

“Saya mulai berkarya sejak tahun 2002 hingga 2024, namun yang dominan karya lukis saya di Tahun 2024,” imbuhnya.

Made Dolar bersama kawan-kawannya di kelompok Ten Fine Art yang berbasis di Sanur, kerap menggelar pameran bersama dan mengelola Art Space yang terbuka, tak hanya membuka Art Space untuk kepentingan para anggota kelompoknya namun juga memiliki perhatian bagi pertumbuhan seni rupa Bali pada umumnya.

“Saya ingin memberikan ruang bagi pada generasi muda untuk berpameran,” imbuhnya.

Dalam setiap kesempatan, pelukis dengan ribuan karya itu, selalu menyisipkan pesan penting, masukan dan memberikan semangat agar pelukis tidak berhenti dan terus belajar mengembangkan diri sebagai penulis seni rupa terbaik. (DR)