oleh

Ny Putri Koster: Dekranasda Sambut Baik Rencana Pembangunan Rumah Tenun di Jembrana

CHANNELBALI Jembrana | Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster menyambut baik rencana pembangunan rumah tenun Jembrana, yang nantinya akan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk memasarkan karya tenun yang dihasilkan, Selasa 4/5/2021.

Pada kesempatan ini, Ny Putri Koster yang berkonsentrasi kepada pelestarian dan mempertahankan warisan leluhur mengatakan bahwa perajin lokal Bali di masing-masing kabupaten harus mampu menciptakan kreasi tenun baru dengan mempertahankan pola dan motif khas yang dimiliki oleh daerahnya masing-masing. Hal ini dilakukan agar karakteristik yang ada pada motif kain tenun daerah lokal tidak punah karena semakin ditinggalkan.

“Dekranasda Provinsi Bali akan terus mengawal keberlanjutan dari kreativitas perajin yang ada di daerah, selain pelestarian warisan leluhur juga harus dibarengi oleh kecintaan generasi muda kepada motif dan pola untuk kembali ikut serta memproduksi kain tenun, di samping koordinasi dan sinergitas antara Dekranasda Kabupaten dengan Dekranasda Provinsi Bali harus terus dilakukan,” ucap Ny Putri Koster.

Ny Putri Suastini Koster yang sedang memperjuangkan pola dan motif kain tenun lokal untuk digunakan oleh warga di masing-masing wilayahnya, saat menghadiri pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Daerah Nasional (Dekranasda) Kabupaten Jembrana, di Gedung Kesenian Ir Soekarno, Kabupaten Jembrana Bali.

“Dengan mempertahankan pola dan motif, tentu saja masing-masing wilayah akan memiliki kain khas daerahnya sendiri, dan kain hasil tenun ini wajib digunakan oleh masyarakatnya sendiri. Sehingga secara tidak langsung perekonomian para perajin lokal akan berputar dan produksi kain tenunnya juga pasti akan meregenerasi dengan baik,” pungkas Ny Putri Koster. (ChannelPress)

Channel Terbaru