oleh

Sinergi Universitas Dhyana Pura di ICFBE 2020

CHANNELBALI Denpasar | Sejak munculnya Covid-19 dari bulan Maret 2020 hingga saat ini, bagi UNDHIRA tidak menjadi hambatan untuk menyelenggarakan aktivitas pendidikan, baik aktivitas di internal dan eksternal kampus. Kegiatan kalender akademik berjalan normal, antara lain proses penerimaan mahasiswa baru, matrikulasi, PKKMB, yudisium dan wisuda semua berjalan lancar, meskipun berlangsung secara online melalui Channelbali.com

UNDHIRA mampu menyesuaikan diri di masa pandemi Covid ini yang tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir. Demikian pula, konferensi bergengsi bertaraf internasional yang sudah diselenggarakan dari sejak 2017 hingga tahun ini yakni The 4th International Conference on Family Business and Entrepreneurship (ICFBE 2020) telah terlaksana secara daring pada tanggal 26 Oktober 2020 dengan hasil yang memuaskan.

Acara ini berlangsung atas kerjasama dengan Faculty of Business President University yang mempercayakan UNDHIRA sebagai Co-Host. ICFBE bertujuan untuk mengumpulkan para peneliti yang kritis, mempelajari temuan dan tren empiris, konseptual, dan teoritis terbaru dengan tema utama: “Emerging Research and Insights on Entrepreneurship and Family Business in Green Economics” Special Feature: Socio-Economic and Business Impact of COVID-19 Pandemic.

Bagi UNDHIRA konferensi ini adalah untuk menambah pengalaman sebelumnya dalam hal penyelenggaraan konferensi tingkat internasional, sehingga terus dapat melatih diri dan bersinergi dengan universitas yang ada di seluruh NKRI bahkan di belahan dunia, sehingga ke depan akan muncul pola dan budaya kerjasama yang sehat dan mengglobal, sesuai dengan salah satu butir 7 karakter UNDHIRA yakni globally.

Hadir secara virtual adalah Rektor Presdient University Prof. Dr. Jony Oktavian Hariyanto, MM, Rektor UNDHIRA Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, SE., MMA., MA, Chairman of YPUP (Yayasan Pendidikan Universitas Presiden) Hon. Prof.Dr.Ir. Budi Susilo Soepandji. Sebagai pembicara pertama adalah Kevin Kumala, Ph.D (Chief Green Officer of PT Avani Eco, dengan materinya Sustainable Packaging and Hospitality Products),pembicara kedua Assoc. Prof. Ambika Zutshi, Deakin University, Australia, Prof. Dr. Faridah Hj. Hassa dari University Teknologi MARA, Malaysia. Hadir juga secara virtual Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset dan Inovasi UNDHIRA yiatu Dr. Ni Made Diana, SS., M.Hum, Wakil Rektor I President University Handa S. Abidin, SH.,LL.M.,Ph.D yang keduanya bertugas untuk menyampaikan Closing Remark & Best Paper Award.

Melalui proses review yang ketat telah terpilih tiga best paper yaitu: 1) The Effect of Generational Involvement as Moderator between Clan Culture and Entrepreneurship Orientation in Universitas Ciputra Family Business oleh Tim dari Ciputra sebagai penerima Best Paper Award, 2) From Freemium to Premium: Antecedents of Intention to Subscribe Music Streaming Services oleh tim dari President University sebagai 1st Runner Up, dan 3) Empowering Women and Fostering Green Entrepreneurship through Herbal Tourism Development in Catur Kintamani oleh tim dari UNDHIRA sebagai 2nd Runner Up. Moderator dalam acara ini adalah Ketua LPPM UNDHIRA, Putu Chris Susanto, MBA, M.Ed, dan bertindak sebagai information of parallel session adalah Felix Goenadhi, S.Psi., M.Par.

Adapun daftar topik yang ada dalam seminar ini adalah (1) Keberlanjutan Bisnis Keluarga, 2) Perencanaan dan Tantangan Suksesi Keluarga, 3) Fintech dan Bisnis Keluarga, 4) Kewirausahaan Hijau, 5) Pariwisata dan Perhotelan Hijau, 6) Manajemen Sumber Daya Manusia Hijau,7) Pemasaran Hijau dan Manajemen Ritel, dan topik terkait manajemen lainnya. Ilmu dan pengetahuan yang didapat oleh para peserta dari konferensi ini adalah semakin yakin bahwa bisnis atau kegiatan ekonomi keluarga akan dapat memperkuat pertahanan ekonomi suatu bangsa, asalkan dikelola secara profesional sesuai dengan manajemen ekonomi. Bagi UNDHIRA konferensi ini memberi support dan energi; yakni dalam konteks langkah pemulihan ekonomi di masa pandemik COVID-19 ini, komitmen mengambil peran maksimal dan nyata bersama masyarakat Bali khususnya, melalui kegiatan penelitian, pengajaran, pengabdian dan penulisan atau pencatatan ke masyarakat, agar roda ekonomi masyarakat yang sesungguhnya bisa dimulai dari ekomoni keluarga minimal dapat bertahan di masa pandemik COVID-19 yang kita tidak tahu kapan akan berakhir.

UNDHIRA siap bersinergi dengan lembaga swasta maupun pemerintah untuk membangkitkan dan memulihkan perekonomian Bali dengan menggali potensi yang memungkinkan digiatkan oleh masyarakat hingga mempunyai nilai ekonomi. Penggalian potensi yang minim dengan dana atau biaya di masa pandemik ini kiranya tidak menjadi kendala, sebab kita punya solusi untuk mengerjakan beban yang berat yakni budaya gotong royong, agar beban menjadi lebih ringan. Sambil tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan, UNDHIRA mengajak untuk tetap semangat giat melakukan aktivitas ekonomi dari lingkungan keluarga, agar keberlangsungan kehidupan dapat bertahan.

Terimakasih untuk President University dan UNDHIRA dan seluruh panitia yang sudah bekerja. Tetap semangat dan bersatu dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda ke-92 Tahun (28 Oktober 1928-28 Oktober 2020). Dari UNDHIRA; Salam Teladan dan Unggulan. (ChannelPress)

Channel Terbaru