oleh

12 Wartawan Ikuti Workshop Pra UKW di Gedung PWI Bali

CHANNELBALI Denpasar | Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali menggelar kegiatan pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Gedung PWI Bali, Jalan Gatot Subroto Tengah, Denpasar, Jumat 9/10/2020.

Pembekalan ini menjadi bagian dari persiapan menjelang Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali bekerjasama dengan PWI Bali. UKW Tingkat Muda diselenggarakan selama 2 hari di Puri Santrian, Sanur, 14-15 Oktober 2020.

Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra menjelaskan, pembekalan yang diberikan bersifat umum dengan memberikan gambaran UKW yang akan dihadapi peserta. Termasuk, tahapan-tahapan yang ada dalam tes kompetensi para jurnalis tingkat muda.

“Sehingga mereka punya kesiapan mental untuk mengikuti UKW. Mudah-mudahan apa yang diberikan oleh narasumber tadi diperhatikan, dan masih ada waktu untuk melakukan pelatihan sendiri setelah pembekalan ini,” jelas Dwikora Putra di Gedung PWI Bali

Dijelaskan lagi, salah satu materi pembekalan meliputi cara penulisan berita dengan baik dan benar sesuai tuntutan yang mengacu media cetak. Dwikora Putra mengatakan, sesuai standar Dewan Pers, UKW mengacu pada penulisan di media cetak.

“Mudah-mudahan temen-temen semua bisa kompeten, kalau pun tidak kompeten apa boleh buat, bisa diulang pada UKW berikutnya minimal 6 bulan lagi, baru mereka boleh ikut UKW selanjutnya,” jelasnya.

Salah satu narasumber dalam pembekalan, Emanuel Dewata Oja (Edo) menambahkan, kebutuhan wartawan sesungguhnya adalah pengetahuan dan wawasan. Dua hal ditekankan dalam materi pembekalan. Pertama, wartawan diajak refreshing wawasan terkait kegiatan jurnalistik yang selama ini dijalani.

Kedua, menambahkan wawasan baru kepada wartawan berkaitan dengan prinsip dasar tugas kewartawanan.

“Kebutuhan sesungguhnya teman-teman ini adalah kebutuhan wawasan dan pengetahuan. Soal nanti ada kaitannya dengan materi UKW, itu lain masalah, itu teknis. Tapi yang saya lakukan adalah pembekalan dasar,” jelas Wakil Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali ini,” jelas Edo.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia UKW Djoko Purnomo menjelaskan, UKW Angkatan VI ini diikuti oleh 12 peserta. Mereka berasal dari sejumlah media cetak dan media siber yang ada di Bali.

“Kegiatan terbagi dalam dua sesi. Pertama, selama 2 hari pelaksanaan UKW dan sehari seminar character building yang diadakan Bank Indonesia Provinsi Bali,” ucap DJoko. (ChannelPress)

Channel Terbaru