oleh

LIVE Ir. Arifin Rudiyanto Deputi Bidang Kemaritiman & SDA Bappenas RI, Siap Mendukung Toya Devasya

Breaking News Channelbali.com

CHANNELBALI Kintamani | Kunjungan kerja Ir. Arifin Rudiyanto, M.Sc, Ph.D, Deputi Bidang Kemaritiman & Sumber Daya Alam Bappenas RI bersama rombongan ke kawasan wisata Toya Devasya Kintamani Kabupaten Bangli, disambut langsung oleh Founder Toya Devasya Dr. I Ketut Mardjana, Selasa, 4 Agustus 2020

Kepada Arifin Rudiyanto Deputi Kementerian PPN/Bappenas RI, Dr. I Ketut Mardjana menyampaikan terima kasihnya telah menyempatkan diri untuk mampir di Toya Devasya. Di samping itu I Ketut Mardjana juga menyampaikan terima kasih bahwa dengan adanya Batur UNESCO Global Geopark setidaknya ada dua harapan besar dari masyarakat. Pertama, melalui program konservasi alam maka alam Geopark Batur akan terjaga dan terpelihara. Dengan terjaganya alam ini maka akan sangat memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan pariwisata dan pertanian Kabupaten Bangli, khususnya kawasan Geopark Batur.

Sekiranya tidak ada pengerusakan alam, tapi dikembangkannya pertanian organik, dan dijaga kesucian dan kebersihan danau, maka niscaya akan meningkatkan pariwisata Kabupaten Bangli. Kedua, dampak dari konservasi alam itu sendiri dan tumbuhnya pariwisata dan agro tourism tersebut di atas akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Di samping itu, hampir di setiap sudut kawasan Geopark Batur mempunyai panorama yang menarik, tetapi permasalahannya potensi yang sangat atraktif belum dikelola secara optimal. Bahkan daerah-daerah potensial ini boleh dikatakan terisolasi karena kurangnya aksesbilitas jalan, tidak tersedianya akses internet, mempunyai danau tapi tidak tersedia air, baik air untuk pertanian maupun air bersih, tidak tersedianya listrik. Semua kekurangan perhatian pemerintah daerah terhadap kekurangan tersebut di atas, menyebabkan tidak berkembangnya pariwisata di daerah itu dan sekaligus menyebabkan terkebelakangnya ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

“Dengan kedatangan para pejabat dari Bappenas maka tentu masyarakat menaruh harapan besar akan tertanganinya pembangunan sarana dan prasarana yang akan menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan tertanganinya konservasi alam secara lebih terstruktur,” pungkasnya. (ChannelPress)