oleh

Pengadilan Negeri (PN) Salatiga Telah Melakukan Pelayanan Prima Berbasis Teknologi Informasi

CHANNELBALI Salatiga | Humas merangkap Wakil Ketua PN Bambang Trikoro SH., M.Hum saat ditemui Ir. Edi Sasmito dari Media Internasional Channelbali.com, di ruang Pelayanan Publik Pengadilan Negeri Salatiga. Rabu, 29 Juli 2020 PK : 10.00 WIB

Sesuai dengan Visi adalah “Terwujudnya Pengadilan Negeri Salatiga Kelas IB yang Agung” Misi : Menjaga Kemandirian PN
Memberikan Pelayanan Hukum dan Berkeadilan Kepada Pencari Keadilan
Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan di PN

Meningkatkan Kredibilitas dan Transparansi di PN Visi dan Misi dari Mahkamah Agung PN Salatiga telah meningkatkan pelayanan baik untuk Pengguna Pengadilan maupun Pencari Keadilan. Pelayanan yang dimaksud adalah Pelayanan Prima yang berbasis Teknologi Informasi, Jadi semua disesuaikan dengan perkembangan kemajuan teknologi yang berbasis IT. Dengan adanya berbasis Teknologi Informasi maksud tujuan utamanya adalah pelayanan yang ada di PN ini akan menjadi terbaik.

Jadi bisa menjangkau semua lapisan baik sampai ke daerah-daerah. Begitu juga yang disampaikan oleh adanya aplikasi yang baru yang dicanangkan oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tengah seperti Semarang. Bahwa telah membuat inovasi itu namanya “KEMBANG DESA”, paparnya.

Inovasi yang bisa menyentuh, melayani masyarakat sampai di daerah-daerah. Dengan demikian berarti Visi dan Misi Mahkamah Agung untuk memberikan pelayanan yang prima dan yang berkeadilan agar bisa tersentuh oleh semua lapisan masyarakat.

Dengan demikian diharapkan tujuan dari Mahkamah Agung Peradilan yang modern itu dapat tercapai. Jadi PN Salatiga sudah sangat berupaya. Melakukan inovasi di persidangan, serta pelayanan dipermudah sesuai dengan SOP yang ada untuk melayani masyarakat Pengguna dan Pencari Keadilan semakin prima.

Tidak ada kata lagi tidak menunggu lama, sekarang inovasi e-eraterang, jadi cukup dengan aplikasi yang ada tidak perlu datang ke Pengadilan, bisa secara online baik perkara Pidana maupun Perdata. Untuk saat ini perkara Pidana kami melakukan sidang secara teleconference untuk menanggulangi penyebaran Covid-19.

Untuk Perdata sendiri sekarang yang pertama, kemarin baru ada inovasi tentang e-court sekarang dikembangkan lagi e-feeling yang pada akhirnya kami melakukan persidangan secara online dan elektronik. Perkembangan demikian, di Indonesia diharapkan dunia peradilan semakin modern sudah pasti akan membantu masyarakat luas, tuturnya.
Secara efisien waktu juga sangat mudah, tidak perlu datang ke Pengadilan, bisa melalui email saja, dan biaya sangat ringan. Pemanggilan dahulu, harus melalui juru sita.

Panggilan ada biayanya, sekarang tidak perlu lagi ada pemanggilan, hanya cukup persidangan dengan melalui teknologi saja, melalui email, elitigasi, mulai pemanggilan persidangan semuanya melalui elektronik “Pungkas Bambang Trikoro” Humas sekaligus merangkap Jabatan Wakil Ketua PN Salatiga.

(Redaktur Pelaksana Media Internasional Channelbali.com Ir. Edi Sasmito)

Channel Terbaru