oleh

Ny Putri Koster Dorong IKM Bali Gunakan Platform Digital Ditengah Pandemi Covid-19

CHANNELBALI Denpasar | Guna membangkitkan kembali produktivitas para pengelola industri kecil menengah (IKM) di Bali di tengah pandemi Covid-19, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Bali yang diketuai Ny Putri Suastini Koster menggelar acara webinar ‘Digitalisasi Pasar IKM Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru’ secara daring dari Denpasar pada Senin 27/7/2020.

Dalam kesempatan itu, Ny Putri Koster yang juga bertindak selaku keynote speaker menyampaikan bahwa di masa pademi ini banyak IKM di Bali yang mengalami penurunan pendapatan maupun produksi, baik dari industri fashion maupun perhiasan, termasuk karya seni murni seperti para pelukis Bali yang tidak bisa mengikuti pameran.

Untuk itu, dalam mengahadapi persaingan di masa pandemi ini, para pengelola IKM dituntut untuk mampu mengandalkan platform digital dalam memasarkan hasil produksi, sehingga dapat terus berkembang dan berproduksi.

“Dengan adanya webinar yang menghadirkan para narasumber yang ahli dalam bidang platform digital kali ini, seluruh Dekranasda yang ada di kabupaten dan kota se-Bali dapat secara aktif mendorong para IKM binaannya untuk mampu menggencarkan platform digital dalam pemasaran hasil produksinya,” ujar Ny Putri Koster, menekankan.

Di samping itu, ia juga menyampaikan bahwa salah satu yang harus dijaga para IKM dalam promosi di dunia digital adalah kualitas produk. Menurutnya, ketika costumer membeli produk yang fotonya dilihat bagus di media online, namun saat produknya datang kualitasnya tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan foto yang dipajang, tentu akan sangat mengecewakan konsumen.

Sehubungan dengan itu, lanjut Ny Putri Koster, untuk menjaga kepercayaan masyarakat, menjadi sangat bagi para pengelola IKP untuk mampu bersikap jujur dalam upapa mempromosikan produknya lewat media digital.

“Jadi saya minta, para IKM Bali mampu menyampaikan yang sebenarnya, serta tetap dapat mempertahankan kualitas produksi, sehingga akan semakin banyak costumer yang percaya dengan produk tersebut. Dengan demikian, setiap IKM dipastikan akan menjadi semakin maju dan berkembang,” ujar pendamping orang nomor satu di Bali itu. (ChannelPress)