oleh

Pemkab Badung & BPJS Kesehatan Sinergi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi

CHANNELBALI Badung | Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah program pemerintah dengan prinsip gotong royong yang wajib diikuti oleh semua warga Indonesia.

Kabupaten Badung telah memiliki jaminan kesehatan bagi seluruh warganya yang diberi nama Krama Badung Sehat (KBS) dan sudah diintegrasikan dengan Program JKN-KIS. Hal ini merupakan komitmen
Pemerintah Kabupaten Badung untuk memastikan seluruh warganya mendapatkan jaminan kesehatannya dengan menjadi peserta JKN-KIS.

Untuk mengoptimalkan implementasi Program JKN-KIS dan KBS, BPJS Kesehatan dengan Pemkab Badung sepakat untuk melakukan kerja sama di bidang teknologi informasi. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BPJS Kesehatan Wilayah Bali dan Nusa Tenggara serta Pemkab Badung, Jumat 20/12/2019

“Kami sangat serius berupaya untuk mengintegrasikan pemanfaatan teknologi dan data yang ada di BPJS Kesehatan guna peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Badung.

Misalnya pemanfaatan aplikasi Mobile JKN, yang dapat menjadi bahan monitoring perkembangan kesehatan masyarakat di Kabupaten Badung,” ungkap I Made Puja Yasa, Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB BPJS Kesehatan.

Puja Yasa melanjutkan, data masyarakat Kabupaten Badung yang sudah di input lewat Mobile JKN akan masuk ke pusat data Program JKN-KIS. Data peserta, data fasilitas kesehatan, hingga data skrining kesehatan. Selanjutnya Kabupaten Badung dapat memanfaatkan data tersebut untuk memastikan akurasi data kependudukan, monitoring sesuai kondisi kesehatan masyarakat, ketersediaan kapasitas dan fasilitas kesehatan, monitoring distribusi dan ketersediaan obat.

Kepada Channelbali.com, Jumat, 20/12/2019, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menjelaskan, di zaman revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, Kabupaten Badung tidak ingin ketinggalan dengan turut melakukan inovasi di bidang teknologi informasi, dengan langkah sinergi antara program JKN-KIS dengan program Krama Badung Sehat (KBS) bisa dimulai dengan berbasis teknologi.

“Badung adalah Kabupaten pertama yang mencapai Universal Health Coverage (UHC) secara kuantitas di Provinsi Bali sejak 1 Januari 2017. Diharapkan melalui sinergi ini, kami dapat memantau seperti apa kondisi kesehatan masyarakat Badung sehingga pelayanan publik yang diberikan semakin optimal,” ungkap Giri Prasta.

Lanjut Giri Prasta, perjuangan ini belum selesai, pihaknya mengajak seluruh warga Kabupaten Badung untuk berjuang bersama demi mewujudkan JKN-KBS yang berkualitas, semakin bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (ChannelPress)