oleh

Toya Devasya Sweet Seventeen Infinite Harmony

CHANNELBALI Kintamani | Sweet Seventeen menjadi tema yang dipilih dalam rangkaian hari ulang tahun Toya Devasya Ke 17 tahun 2019

Tema ini bisa dikaitkan dengan usia remaja dalam pertumbuhan manusia, namun bagi sebuah perusahaan usia tujuh belas tahun adalah usia yang sudah matang.

Sebuah proses menuju establish (mapan) namun tetap terus berbenah menuju yang terbaik. Sementara infinite harmony adalah sebuah proses menuju keselarasan yang dinamis dan berkelanjutan antara empat pilar yang menjadi sumber daya bagi Toya Devasya yaitu Culture, Nature, Happiness dan Wellness.

Pertumbuhan Toya Devasya Infinite Harmony sendiri telah berkembang sangat pesat beberapa tahun belakangan. Ini bisa dilihat dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara ke Toya Devasya Infinite Harmony.

Tercatat sejumlah 800 wisatawan berkunjung perhari ke Toya Devasya Infinite Harmony di hari kerja serta mencapai 1500 wisatawan di saat akhir pekan. Bahkan di musim liburan jumlah ini meningkat jauh menjadi 2500-2800 di hari liburan.

Peningkatan kunjungan wisatawan ini tidak terlepas dari upaya pembenahan serius dan terus menerus yang dilakukan oleh manajemen Toya Devasya Infinite Harmony. Pembenahan ini menyangkut perbaikan dan penambahan wahana baru serta peningkatan kualitas sumber daya manusia di Toya Devasya Infinite Harmony.

Dalam kesempatan hari ulang tahun ke 17 Toya Devasya Infinite Harmony akan meluncurkan wahana baru yaitu Watersport kepada wisatawan.
Tahun ini manajemen mencanangkan sebagai tahun quality management sebagai upaya untuk semakin mengukuhkan Toya Devasya Infinite Harmony sebagai the best tourist destination.

Target ini telah mampu diraih lewat berbagai penghargaan bergengsi yang diberikan oleh lembaga kredibel baik CEO, General Manager dan perusahaan Toya Devasya Infinite Harmony sendiri. Penghargaan itu adalah sebuah reward bagus dan akan menjadi trigger managemen untuk semakin maju dan berprestasi. Kebijakan quality management sendiri juga nantinya terus diikuti dengan peningkatan quality skill and knowledge dari pegawai sehingga berimbas pada quality (hospitality) services dan ujungnya adalah quality of consumers satisfaction.

Sukses yang diraih oleh Toya Devasya Infinite Harmony ini tidak terlepas dari dukungan berbagai stakeholders dan lingkungan sekitar. Kemajuan dan prestasi yang telah diraih oleh Toya Devasya Infinite Harmony adalah buah dukungan kerjasama dan kebersamaan antara managemen, karyawan serta berbagai stakeholders (guide freelance serta travel agent).

Demikian pula dukungan oleh masyarakat kawasan Geoparak Batur serta yang utama adalah wara nugraha Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam bentuk kekayaan dan keindahan alam geopark Batur. Sebagai bentuk kontribusi atas dukungan berbagai pihak serta wara nugraha Ida Sanghyang Widhi Wasa tersebut, maka Toya Devasya Infinite Harmony menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial. Mulai dari bakti sosial kesehatan, pembangunan infrastruktur untuk sarana MCK kelompok sadar wisata, balai pemuda serta donor darah.

Kegiatan bakti sosial kesehatan diselenggarakan pada Minggu 14 Juli 2019 yang bertempat di banjar Puseh dan Mukus desa Terunyan. Kegiatan yang diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian bingkisan diikuti oleh 250 orang warga banjar setempat. Masyarakat berbondong-bondong menghadiri bakti sosial kesehatan yang diselenggarakan Toya Devasya Infinite Harmony ini.

Apresiasi masyarakat ini disampaikan baik oleh warga setempat yang melakukan pemeriksaan kesehatan maupun aparat banjar setempat. Mereka berharap agar usaha-usaha wisata terutama di kawasan Geopark Batur agar terus peduli kepada masyarakat setempat. Kegiatan semacam pemeriksaan kesehatan gratis ini tentu akan membantu meringankan beban masyarakat pegunungan Batur yang menderita penyakit tertentu.

Rabu 17 Juli 2019 Toya Devasya Infinite Harmony melakukan peletakan batu pertama secara simbolis pembangunan sarana MCK di titik mendaki dan di lokasi Bukit Trunyan. Pembuatan sarana MCK ini sebagai upaya mendukung pengembangan lokasi wisata Balik Bukit Trunyan yang digagas oleh kelompok sadar wisata Mahardika Bukit Trunyan.

Sebelumnya Toya Devasya Infinite Harmony juga telah memberikan bantuan sarana tenda untuk kelompok sadar wisata Mahardika Bukit Trunyan. Pemandangan alam Bukit Trunyan yang menakjubkan tentu menjadi potensi wisata yang bisa membawa kesejahteraan masyarakat. Dari Bukit Trunyan kita bisa melihat ke sebelah timur adalah Gunung Rinjani di kejauhan, Selat Lombok, di sebelah barat Danau Batur dan Gunung Batur serta di selatan-tenggara adalah Gunung Abang dan Gunung Agung.

Diharapkan dengan tersedianya sarana MCK ini wisatawan sudah dan semakin mudah menikmati wisata trekking dan camping di Bukit Terunyan. Sebagai bentuk kepedulian Toya Devasya Infinite Harmony kepada generasi muda, kami juga membantu pembangunan balai pemuda untuk kelompok pemuda Batu Meyeh di kawasan Geopark Batur.

Kamis 18 Juli 2019 kegiatan berupa anjangsana dan berbagi kebahagian juga dilakukan Toya Devasya Infinite Harmony kepada anak-anak di sekolah luar biasa (SLB) Bangli. Perwakilan manajemen Toya Devasya Infinite Harmony yang dipimpin oleh Putu Astiti Saraswati (Dirut) datang langsung menyapa dan bercengkerama dengan putra-putri berkebutuhan khusus di SLB Bangli.

Pada kesempatan tersebut Putu Astiti Saraswati menyatakan bahwa Toya Devasya Infinite Harmony sangat senang bisa berbagai dengan anak-anak di SLB. Bahkan Putu Astiti Saraswati menegaskan bahwa seluruh manajemen dan pegawai Toya Devasya merasa mendapatkan inspirasi dari anak-anak di SLB Bangli yang dengan segala keterbatasannya mampu tetap berkarya dan melakukan yang terbaik.

Puncak kegiatan serangkaian HUT Toya Devasya Infinite Harmony adalah pada Sabtu 20 Juli 2019. Kegiatan ini diisi dengan berbagai acara ramah tamah serta hiburan dan disertai dengan peluncuran wahana permainan baru pertama kali di danau Batur yaitu Toya Devasya Watersport. Peresmian wahana Watersport ini adalah bentuk komitmen Toya Devasya untuk terus menyuguhkan wahana yang terbaik serta terus mempromosikan kawasan wisata Geopark kepada wisatawan.

Berbagai kegiatan bakti sosial terkait HUT Toya Devasya Infinite Harmony ke 17 adalah rangkaian dari berbagai kegiatan bakti sosial dan budaya yang telah dan akan terus dilakukan. Hal ini mengingat kegiatan bakti sosial dan budaya telah dirumuskan sebagai kebijakan perusahaan Toya Devasya sejak awal berdiri. Kegiatan bakti sosial dan budaya ini juga merupakan bentuk komitmen penuh Toya Devasya sebagai bagian dari masyarakat di kawasan Geopark Batur.

Berbagai kebijakan, program, kegiatan yang akan dan telah dilakukan oleh manajemen dan pegawai Toya Devasya Infinite Harmony sendiri sesungguhnya adalah implementasi dari filosofi yang terkandung dalam ikon Toya Devasya Infinite Harmony yaitu Gajah Ungu. Dalam kepercayaan Hindu, gajah adalah perlambang dari Dewa Ganesha yang dikenal sebagai dewa kebijaksanaan yang cerdas. Filosofi dari bagian-bagian tubuh gajah menjadi dasar dari kebijakan dan program perusahaan secara umum.

Toya Devasya Infinite Harmony terus berkomitmen untuk selalu terbuka terhadap saran dan kritik seperti telinga gajah yang lebar. Ini bisa dilihat dari berbagai komen dan kritik serta apresiasi di media sosial dan online travel agent terhadap Toya Devasya Infinite Harmony.

Seperti mulut kecil gajah untuk selalu berbagi dan tidak kikir, Toya Devasya Infinite Harmony selalu fokus pada target dan tujuan yang ingin dicapai seperti mata gajah ungu yang kecil. Selama ini manajemen Toya Devasya Infinte Harmony telah menetapkan rencana kerja tahunan yang terfokus dan terencana termasuk program promosi lewat peluncuran wahana watersport di HUT nya yang ke 17 ini.
Selalu memberikan dampak dan manfaat positif kepada berbagai pihak dan lingkungan sekitar seperti belalai gajah yang menyemburkan air ke sekitarnya. Selama ini perkembangan Toya Devasya Infinite Harmony telah dan terus mendorong dan memberikan dampak bagi lingkungan masyarakat sekitar seperti munculnya usaha laundry, penyewaan kamar kos, warung-warung makan yang sebagian besar konsumennya adalah pegawai Toya Devasya Infinite Harmony. Demikian pula Toya Devasya Infinite Harmony telah mendorong lahirnya dan bekerjasama dengan usaha-usaha wisata yang dibuat oleh kelompok-kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat.

Dan laksana badan gajah yang besar dan gagah, Toya Devasya Infinite Harmony berkomitmen untuk terus menjadi perusahaan besar dan sukses memiliki reputasi yang bagus. Sebagai bukti adalah diraihnya berbagai penghargaan oleh Toya Devasya Infinite Harmony baik sebagai perusahaan maupun oleh CEO Toya Devasya Infinite Harmony yaitu Putu Astiti Saraswati, SE, M.Bus dan GM Toya Devasya Infinite Harmony yaitu DR. I Ketut Mardjana. (ChannelPress)