Hadiri HUT Kota Gianyar Ke 248, Wagub Cok Ace Minta Partisipasi Aktif Lembaga Tradisional Dalam Pembangunan Daerah

CHANNELBALI Gianyar | Dengan mengenakan busana Adat Bali, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) berkesempatan menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan HUT Kota Gianyar ke 248 di Lapangan Astina, Giayar, Jumat (19/4).

Dalam sambutannya, Wagub Cok Ace yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Gianyar tersebut, mengatakan bahwa peringatan hari jadi yang dilaksanakan setiap tahun ini hendaknya dijadikan sarana mawas diri dan instropeksi diri sehingga selalu mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kedepan.

Untuk itu peran Pemeritah Daerah yang juga didukung oleh lembaga-lembaga tradisional seperti desa pakraman, subak, banjar adat dan sekaa truna-truni yang merupakan pranata sosial untuk ikut berperan aktif dalam mendorong pembangunan daerah Bali umumnya dan Gianyar khususnya.

Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai upaya diantaranya menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya Bali yang adi luhung, partisipasi aktif dalam program pengentasan kemiskinan serta program lainnya yang berkesinambungan.

Disamping itu, Wagub Cok Ace juga menyampaikan bahwa dalam konteks pembangunan, dimana Bali dikenal sebagai pulau yang unik karena memiliki alam, manusia dan budaya yang menyatu dalam satu tatanan kehidupan maka pembangunan Bali difokuskan dengan memprioritaskan pada konservasi alam, manusia dan budaya sesuai visi

“Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang artinya menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera sekala dan niskala.

Upacara juga turut dihadiri oleh Bupati Gianyar, Wakil Bupati Gianyar serta beberapa Kepala OPD dilingkungan Kabupaten Gianyar. Usai mengikuti upacara Wagub Cok Ace berserta rombonga Bupati Gianyar menuju Taman Makan Pahlawan Gianyar untuk melakukan ziarah. (K123)