Potret Kegiatan Yonif Raider 408/SBH Di Daerah Perbatasan RI-RDTL

CHANNELBALI Atambua | Batalyon Infanteri Raider 408/Suhbrastha (Yonif Raider 408/SBH) dibawah pimpinan Mayor Inf Joni Eko Prasetyo selaku Komandan Batalyon, dalam perjalanan pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara, sejak bulan Nopember 2018 mendapat kehormatan dari negara untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan wilayah NKRI dengan Timor Leste di wilayah Kodam IX/Udayana.

Sejak bergabung sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL, Yonif 408/SBH secara langsung berada dibawah kendali Kolakops 161/Wira Sakti, Koops Kodam IX/Udayana, sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur yang bermarkas di Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Dalam penugasan Yonif Raider 408/SBH memiliki 20 Pos yang tergelar mulai dari wilayah Motaain (Pos Pertama) sampai dengan Pos terakhir di wilayah Nananoe Kabupaten Belu,  hal ini disampaikan Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P, dalam siaran persnya pada Sabtu (26/1) di Makodam IX/Udayana.

Lebil lanjut Kapendam menyampaikan, Satgas Pamtas RI – RDTL Sektor Timur, Yonif Raider 408/SBH ini dalam pelaksanaan operasi mempunyai tugas melaksanakan pengamanan perbatasan wilayah RI-RDTL dan melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah perbatasan Sektor Timur  dengan rentang sepanjang 122,8 KM.

Realisasi kegiatan operasi dalam rangka menegakkan kedaulatan negara yang sudah dilaksanakan antara lain;  melaksanakan patroli darat di perbatasan RI-RDTL Sektor Timur, menjaga Pos PLBN Motaain, sebagai pintu gerbang utama keluar masuk wilayah RI-RDTL dan  menjaga 19 Pos perbatasan lainnya untuk mencegah terjadinya penyelundupan dan pelanggaran pelintas batas atau pelintas batas illegal.

Kemudian sebagai implementasi dari pelaksanaan pembinaan teritorial, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektot Timur Yonif Raider 408/SBH meskipun baru sekitar dua bulan dalam penugasan operasi namun sudah cukup banyak berbuat, seperti  melaksanakan pembinaan kepada generasi muda/pelajar dengan cara memberikan ceramah dengan materi Wawasan Kebangsaan kepada para pelajar, pelatihan Drumband dan pembinaan Pramuka, pelatihan Dokter Kecil, edukasi pembinaan karakter pada pendidikan usia dini, membantu menjadi tenaga pendidik di sekolah-sekolah dan sebagai pembina upacara disekolah yang berada di sekitar pos perbatasan.

Selain kegiatan tersebut Satgas Yonif Raider 408/SBH juga berupaya meningkatkan tarap hidup masyarakat dengan cara membantu masyarakat dalam bidang ketahanan ekonomi seperti memberikan keterampilan pelatihan teknik mesin (perbengkelan) kepada Karang Taruna, pembuatan kripik kepada Ibu-ibu PKK dan membantu dalam penanaman padi di lahan milik warga masyarakat.

Selanjutnya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan Satgas juga melaksanakan komunikasi  sosial kreatif dengan  cara berkunjungh/ajangsana kerumah-rumah tokoh  dan warga masyarakat  serta membantu dalam kegiatan pembuatan rumah adat, bergotong royong membantu pembangunan Gereja, menghadiri  peringtan Natal Bersama, melaksanakan Karya Bakti bersama masyarakat yang berada di wilayah masing-masing Pos.

Kemudian terkait dengan bidang kesehatan, Satgas juga melaksanakan kegiatan pengobatan keliling (dari pintu ke pintu) dilaksanakan oleh tenaga medis di masing-masing Pos, melaksanakan Bhakti Sosial pengobatan gratis, khitanan serta membantu kegiatan rutin Posyandu di desa-desa sekitar Pos Perbatasan dan sebagai trobosan di bidang kesehatan Satgas juga membantu dalam pengurusan pembuatan kartu BPJS (KIS) untuk masyarakat kurang mampu sebagai sarana untuk berobat gratis di rumah sakit umum,” ujar Kapendam. (K123)