Arist Merdeka Sirait Minta Pemkot Depok Membantu Biaya Bayi Rayyan

CHANNELBALI Depok | Arist Merdeka Sirait Ketua Komnas Perlindungan Anak, minta Pemkot Depok membantu biaya rawat jalan Rayyan Haryo Ardianto yang lahir tanpa anus.

Dia menyinggung penghargaan kategori Nindya atas program Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian PPPA yang diterima, namun tidak dibarengi dengan kepedulian Pemkot Depok terhadap anak-anak di daerahnya. Arist mengatakan Pemkot Depok memiliki kewajiban membantu biaya rawat jalan bayi tersebut.

“Depok mendapat penghargaan dari Kementerian PPPA sebagai Kota Layak Anak. Jadi tidak ada alasan bagi Pemkot Depok untuk tidak memberikan jaminan perlindungan kesehatan bagi Rayyan,” kata Arist kepada Channelbali.com, Jumat, 11/1/2019

Arist meminta Walikota Depok M. Idris Abdul Shomad membantu bayi berusia 6 bulan itu. Karena jarak Balai Kota Depok dengan kediaman orangtua Rayyan, Oklavia Supriatin (39) dan Haryanto (44) di Jalan Beringin Beji tidak terlalu jauh untuk dijangkau.

“Dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, UU RI tentang Kesehatan, UU Hak Asasi Manusia serta Konvensi PBB tentang Hak Anak,” tegas Arist. (K123)