oleh

Suara Pemred Untuk Indonesia

Channelbali Denpasar | Kekayaan bangsa Indonesia tiada taranya di bumi ini, memiliki 17.504 pulau yang termasuk ke dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menurut Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, terdapat 16.056 pulau yang telah dibakukan namanya di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) hingga Juli 2017 lalu.

Jika Indonesia mampu mengelola anggaran dan kekayaan alam di darat dan di laut, maka sangatlah mudah bangsa Indonesia melunasi hutang luar negeri, sehingga negeri ini makmur dan sejahtera.

Hingga saat ini hutang Indonesia mencapai Rp 4.915 triliun. Bank Indonesia (BI) mencatat hutang luar negeri Indonesia pada akhir Januari 2018 lalu, meningkat sebanyak 10,3 persen.

Perincian hutang Indonesia menjadi 357,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.915 triliun (kurs Rp 13.750 per dollar AS) dan hutang swasta sekitar 174,2 miliar dollar AS atau setara Rp 2.394 triliun

Sudah saatnya Pemerintah Pusat dan Daerah, segera menghentikan kobocoran anggaran, dan menindak tegas “oknum-oknum” yang melakukan penyalahgunaan anggaran untuk kepentingan pribadi dan golongannya.

Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) wajib segera dihemat, dan hanya dipergunakan untuk pembangunan yang benar-benar diperlukan, sehingga dananya bisa dibayarkan untuk melunasi hutang luar negeri Indonesia. (dr)

Channel Terbaru