oleh

Kisah Sukses Komjen Pol. (Purn) I Made Mangku Pastika

Channelbali.com, Denpasar | Kisah perjuangan hidup Komisaris Jenderal Polisi (Purn.) Drs. I Made Mangku Pastika, M.M, mampu menggugah semangat berbagai kalangan, terutama generasi muda agar tidak gampang patah semangat, walaupun lahir di keluarga miskin.

I Made Mangku Pastika, lahir di Seririt Kabupaten Buleleng Bali, 22 Juni 1951, putra kedua dari enam bersaudara, ayahnya seorang guru tari, dan juga guru silat, selalu menanamkan disiplin, serta ketaatan kepada orang tua, dan setia beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sejak kecil, Pastika sangat cerdas di sekolah, santun dan pemberani, Pastika menguasai 6 bahasa asing, karena ketekunan dan tekadnya yang membara, Pastika dapat menyelesaikan pendidikannya, dan lulus dari Akabri Kepolisian Tahun 1974, kini menjabat sebagai Gubernur Bali

Untuk sampai pada kesuksesannya, I Made Mangku Pastika, harus melalui hidup yang berat dan pahit, sejak duduk di Kelas V, Sekolah Rakyat, (Sekolah Dasar), setiap pagi harus mencari rumput di sawah, untuk dijual kepada pemilik ternak sapi, agar dapat sedikit uang untuk menambah biaya sekolahnya.

Tahun 1963, Gunung Agung d Bali meletus dan menimbulkan korban ribuan jiwa, Pastika beserta seluruh keluaganya harus transmigrasi ke Provinsi Bengkulu, tinggal di hutan, tidak ada tempat untuk menuntut ilmu, kemudian pindah ke kota Palembang, dan menjadi pembantu rumah tangga, membantu pedagang es, rujak, dan gado-gado.

Dengan sedikit uang yang diperolehnya, Pastika dapat melanjutkan sekolah di SMP Palembang, lalu ke SMA Negeri 2 Palembang, setelah lulus SMA, dengan anugerah Tuhan, Pastika dapat diterima menjadi Taruna Akabri Kepolisian, dan lulus pada Tahun 1974.

Semoga kisah ini, dapat memicu semangat siapapun dan dimanapun berada, agar tetap optimis dimasa sulit, yakinlah Tuhan mampu menolong kita semua. (tim)

Channel Terbaru